Posted by & filed under Troubleshooting.

An ATX computer motherboard (KT333 chipset) wi...

An ATX computer motherboard (Photo credit: Wikipedia)

Masalah yang sering saya alami atau ditanyakan oleh teman dan client saya adalah “Mengapa komputer saya tidak bisa booting/tidak keluar gambar?”. Gejalanya tidak ada suara beep tanda error atau berhasil boot, monitor gelap gulita, tetapi kipas CPU dan led indikator menyala. Biasanya hal ini dialami oleh PC Rakitan. Saya akan coba share beberapa langkah yang sering saya lakukan bila menghadapi masalah ini.

Solusi ini pernah diberikan oleh teman saya (Dinoy) saat awal saya memiliki PC, langkah-langkahnya adalah

  1. Matikan power (aliran listrik) PC tersebut dengan cara melepaskan kabel power.
  2. Buka casing PC dari samping.
  3. Secara hati-hati, lepaskan seluruh komponen kecuali CPU, yaitu RAM (Memory), Graphic Card, PCI Card (LAN Card, Sound Card, dll), CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
  4. Jika anda memiliki Graphic Card, saat melepas jangan lupa lepaskan juga konektor VGA atau DVI dari slot pada Graphic Card dan pasang kembali ke slot Internal Graphic Card.
  5. Reset konfigurasi motherboard (cek buku manual motherboard Anda atau lepaskan baterai, hidupkan dalam keadaan terlepas, matikan power lalu pasang kembali baterai).
  6. Pasang kabel power dan hidupkan kembali PC Anda.
  7. Setelah beberapa langkah di atas, jika motherboard normal, Anda akan mendengar bunyi beep dari motherboard, tetapi jika motherboard bermasalah maka tidak akan terdenger bunyi apapun (dengan syarat speaker motherboard terpasang).

    Speaker Motherboard

    Credit: APEVIA

  8. Matikan power kembali, lalu pasang satu persatu mulai dari RAM, Graphic Card, PCI Card, CD/DVD ROM/RW dan Harddisk.
  9. Setelah memasang satu komponen, hidupkan kembali PC Anda.
  10. Jika bunyi beep terdengar, berarti normal dan lanjutkan memasang komponen lainnya, jika tidak, lepas komponen tersebut, ganti dengan komponen lain dan ulangi langkah ini.
  11. Jika saat memasang RAM, PC anda malah berbunyi beep terus-menerus dan temponya agak cepat, cobalah untuk mengecek RAM tersebut. Anda bisa membaca post saya mengenai Memory PC tidak Terdeteksi

Lanjutkan terus hingga semua komponen terpasang kembali dan komponen yang rusak ditemukan. Langkah-langkah ini selalu saya lakukan sebagai langkah awal saya dalam memeriksa kerusakan PC yang tidak mau booting. Kalau dihitung-hitung tingkat keberhasilannya lebih dari 90%.

Selamat mencoba!

Enhanced by Zemanta

52 Responses to “Solusi Komputer Tidak Bisa Booting”

  1. andre

    mau nanya gan .. pas saya hidupin komputer ny monitor tidak menyala dan di cpu bunyi beep terus menerus lalu mati pas saya cek semua komponen yg ada di cpu aktif smua .. mohon pencerahan nya ..

    Reply
    • Tito

      Boleh tahu pola beep-nya seperti apa? Misalnya beep panjang 2x beep pendek 1x atau beep pendek terus menerus. Dari situ kita bisa menentukan komponen mana yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

      Reply
  2. aldo

    Dn sya jga memsang vga ekstrnal kruskn gk bsa booting k lyr klo gk bsa gtu ap power supply kna rsak??

    Reply
  3. aldo

    Bang sya mau tanya
    Sya kmarin mnginstal ulng kmputr.dn sya mau memsang harddisk bru tpi sya pnya satany jdi sya gk jdi psang harddisk trus sya cpot smua kompnen kmputer sya ttpi pas sya memsang kmbli kmputrny gk mau booting dan tdk ad suara beep…pdahl smua kmponen kmputer trpsang dngan bner..
    Yg sya prtnyakn ap motherbod yg rsak ap
    harddisk yg rsak dan dri tombol on gk ad wrna hjau kleur cmn wrna merah trus…

    Reply
    • Tito

      Kemungkinan kamu salah memasang kabel dari Casing ke motherboard, coba dicek buku manual motherboard dan dicocokkan dengan nama kabel dari Casing. Saya rasa tidak ada masalah dengan harddisk jika komputer tidak bisa booting. Kecuali tidak bisa masuk ke Windows / OS lainnya.

      Reply
  4. Renggi

    Mas, saya ada masalah, cukup membingungkan;
    procie: Phenom II X4 965
    Mobo: Asrock 970 pro3
    VGA: DA GTX 570
    Ram: 12 GB 4×2 + 2×2
    PSU: Venom Hellions 700w

    Masalahnya:
    saya habis bersih2 yg saya cabut hanya vga, nah setelah saya pasang lg vga, layarnya blnk, komptr tetap nyala, sampai windows indikasi dr suara login windows
    jd saya coba pasang vga pada slot ke-2 pcie x4, nah bisa hidup,
    jd ssaya berasumsi slot pcie x16 yg rusak,
    jd saya penasaran, saya pakai mobo yg lain, dengan mobo yg 2 slot jg, yaitu ecs a75f-a, dengan procie apu a4-3300,
    kondisinya sama dengan yg sebelumnya, slot pcie x16 blank, tp slot pcie x4 bisa,
    saya juga sdh coba dengan mobo yg hanya punya 1 slot pcie, ternyata memang blank pada slot pcie x16

    nah pertanyaan saya, apa vga yg rusak?
    tetapi anehnya kenapa hanya di slot pcie x4 bisa nyala,
    ini cukup membingungkan saya,
    tolong bantuannya mas,

    Terima kasih

    Reply
  5. Indra

    mas saya mau tanya, saat komputer dinyalakan VGAnya tidak respon (kipas VGA hanya berputar sepersekian detik kemudian berhenti). tetapi prosessor + kipas prosessornya tetap jalan. setelah saya coba di motherboard baru reaksinya tetap sama. saya jg telah mencoba VGA dipindah ke slot lainnya hasilnya juga tetap sama. saya juga sempat mencoba VGA lain di motherboard yang sama tetap tidak jalan. motherboardpun tidak ada bunyi beeb (pada saat kompouter masih belum rusak motherboardnya memang tidak pernah mengeluarkan bunyi beeb sekalipun saat proses booting *speaker di motherboard terpasang).

    kemudian saya coba VGAnya di komputer lain dan bisa jalan. PSUnya juga saya coba di komputer lain juga berfungsi.

    pertanyaan saya kemudian adalah apakah motherboard saya rusak (motherboard yg lama padahal sudah saya ganti yg baru) atau kekurangan daya dari PSU sehingga tidak bs mengalirkan daya ke slot PCI (mengingat spek komputer yg saya gunakan untuk mengetes spesifikasi berbeda)?

    sekedar informasi spek komputer saya yg rusak dan komputer saya yg tidak rusak (kebetulan saya punya 2 komputer namun speknya berbeda:

    komputer yg rusak: (saya gunakan untuk main game)
    - motherboard MSI 970 Gaming + prosessor AMD Vishera FX 6300
    - VGA MSI HD 7730
    - PSU FSP HEXA 500 w
    - RAM 8 Gb

    kompter yg tidak rusak: (hanya untuk pemakaian ringan)
    - Prosessor Intel Dual Core
    - RAM 2 Gb

    mohon pencerahannya mas, terimakasih.

    Reply
    • Tito

      Tanpa VGA apakah komputer yang ‘rusak’ bisa nyala seperti biasa?

      Sudah coba pakai Power Supply yang lain?

      Reply
      • Indra

        - ada atau tanpa VGA komputernya tetap nyala tapi tidak bisa ngangkat mas (tidak ada feedback/tenaga untuk masuk ke sistem), meskipun prosessor dan kipas prosessornya hidup. *motherboardnya tdk punya VGA internal.

        *awalnya komputer ini rusak setelah saya kirimkan ke luar kota melalui jasa pengiriman. (karena saya pindah tempat tinggal)

        - belum coba pake PSU lain karena PSU saya yg lain sdh rusak. hehe

        Reply
        • Tito

          Kemungkinan problemnya ada di motherboard. Kalau masih garansi, coba dibawa ke vendornya. Mungkin bisa dites di sana.

          Reply
  6. rendra

    numpang tanya bang.semua sudah di cek, bang. lampu indikasi mainboard menyala, tetapi ketika hendak cpunya hendak dinyalakan yg terjadi kipas hanya berputar 1-3 detik baik itu kipas proc. maupun kipas power suplay. tetapi selanjutnya tidak ada respon. dan ketika tombol power cpu kembali di tekan respon kipas udah tidak ada. repon kipas kembali ada jika melepas asupan listrik dan memasangnya kembali. bagaimana langkah selanjutnya bang ????? apa yg mesti di cek ???power supply sudah di ganti.

    Reply
    • Tito

      Ada beberapa yang perlu dicek:

      • Apakah power supply pengganti memiliki cukup output untuk motherboard? Coba untuk menggunakan hanya motherboard, PSU, Monitor dan Keyboard untuk sampai ke BIOS.
      • Coba cek jumper motherboard, apakah pada posisi yang benar? (jangan-jangan masih dalam posisi reset).
      • Coba cek kabel dari Casing ke Motherboard, mungkin ada kesalahan memasang sehingga tombol power tidak berfungsi menjadi power on, namun menjadi reset atau yang lain.

      Kalau semua sudah dicoba dan masih tidak bisa, coba pakai PSU ke motherboard yang lain, apakah normal? Bila iya, kemungkinan motherboard-nya yang bermasalah.

      Reply
  7. nanang mulyono

    gan.. saya mau tanya… mainboard saya MSI.. awal di hidupkan normal… tapi kira2 10 menit hang…. nanti kalau di cabut power & memori normal lagi nanti 10 menit kemudian hang… begitu terus berulang2 tlng pencerahan gan,,,, o ya gan ada satu lagi Mainboard MSI kalau di hidupkan tampilan hanya logo mainboard.. tdk mau masuk ke bios… Ts NAnang

    Reply
    • Tito

      Sudah dilihat voltage yang masuk ke motherboard brp? Biasanya bisa diakses di menu BIOS -> Health / Status / Power. Seharusnya perbedaan antara voltage yang dibutuhkan dengan yang disupply PSU sama atau beda tipis (< 0,5). Tapi kalau mau, coba ganti dengan Power Supply lainnya.

      Kalau solusi Power Supply tidak bisa juga, coba cek kapasitor (bentuk tabung hitam biasanya) di motherboard, apakah kapasitor tersebut terlihat menggembung, jika iya, ini saatnya mengganti dengan motherboard yang baru.

      Reply
  8. arif

    bang mau nannya , VGA kurang pas / msh goyang saat dipasang ke slot juga mempengaruhi ? soalnya komputer saya juga kyk gitu , udah di otak atik semua hardware gk bs ,kecuali vga ane otak atik jd bs ..

    Reply
  9. haris

    maaf gan ane juga punya masalah kaya gitu. pas di pencet tombol on bisa nyala kipas pun muter tapi gak muncul gambar di monitor kejadian kayak gini kadang bener kadang kayak gini lagi… apalagi kalo ganti vga ( vga nya masih bagus/tidak rusak dan slotnya cocok ) ane udah coba cabut pasang semua hardware nya cuman tetep gitu… tapi pas ane liat ada kabel yang putus dari power suply tapi kabel yg putusnya bukan ke arah hardware penting cuma di pojok doang apa harus ganti power supply ya???? ane jadi bingung mau upgrade pc (mobo ane abit an932x)

    Reply
    • Tito

      Kalau kabel power supply putus, pasti bermasalah ke seluruh hardware, penting ataupun tidak penting hardware tersebut. Saya sarankan untuk mencoba menggunakan Power Supply lain yang masih bagus, untuk memastikan sebelum membeli dengan yang baru.

      Thanks.

      Reply
  10. chada

    mas saya mau nanya.
    kenapa laptop saya saat restart tidak mau jalan atau berhenti. jadi dalam posisi restart tapi tidak masuk ke windows layar nya hitam terus gitu.
    mohon solusi nya:)
    Terimakasih

    Reply
    • Tito

      Power Supply sudah dicek? Kalau tidak bisa nyala sama sekali, mungkin Power Supply-nya bermasalah. Bisa dicoba dengan mengganti Power Supply lainnya.

      Kalau itu juga tidak bisa, berarti kemungkinan motherboard / CPU yang bermasalah.

      Reply
  11. dede

    maaf mas ikut nanya…
    saya punya kompi awalnya jalan tapi cuma ampe layar biru win 7.. tidak mau masuk ke windows.
    terus saya coba instal ulang aja, eh pas saya instal kok gak mau baca ya. gak mau load n copy file. padahal ane udah coba pake USB dan beberapa DVD.
    setelah itu saya coba tanya mbah google. nah ada yang kayak mas tadi perintahnya coba copot komponen..
    sayangnya setelah saya copot semua ketika saya coba pasang lagi eh malah mobo gak mau ngangkat ke bios. terus suhu dingin di mobo kayak gak jalan padahal fan processor muter normal.
    nah kenapa ya gan mobo ane ??
    makasih ya

    Reply
    • Tito

      Wah, cukup banyak masalahnya.

      Kita mulai dari yang terakhir. Untuk mobo yang panas padahal fan processor berfungsi dengan normal, maka coba cek kontak antara processor dengan heatsink. Apakah heatsink terkunci rapat? Jika memang kurang rapat, maka lepas dan pasang kembali, serta pastikan heatsink dan processor menempel dengan sempurna. Apakah thermal paste (pasta berwarna putih seperti pasta gigi) yang ada di atas processor, menempel dengan baik? atau jangan-jangan Anda bersihkan sehingga tidak ada lagi. Kalau itu yang terjadi, berarti Anda perlu memberikan thermal paste lagi.

      Kalau motherboard yang tidak mau masuk BIOS, coba cek seluruh kabel power supply, apakah semuanya terpasang, biasanya banyak yang melupakan kabel dengan 4 pin yang terpasang dekat socket processor. Cek juga VGA dan RAM apakah terpasang dengan baik. Seringkali setelah kita bongkar, kedua perangkat tersebut tidak terpasang dengan baik.

      Kalau masalah dengan USB dan DVD, coba pasang USB di port belakang CPU, jangan di depan. Mungkin kabel USB untuk casing tidak terpasang dengan baik atau rusak.

      Selamat mencoba.

      Reply
  12. Nicco

    Numpang tanya ya .. Komputer ane klo di hidupin CPUny seperti ada suara teeet gitu dan tiba” cpunya mati kemudian cpunya ngeluarin suara teeet dan mati” lagi ,, begitu terus ulang”nya itu gimana ya?

    Reply
    • Tito

      Sudah dicoba langkah-langkah yang saya bahas di post ini? Kemungkinan masalah tersebut ada pada komponen-komponen external seperti VGA, Sound card, LAN card, dll. Coba lakukan langkah-langkah tersebut.
      Coba cek juga konektor dari Casing ke CPU (kabel-kabel kecil dengan konektor yang memiliki label power switch, reset switch, system led dan hdd led). Coba cabut konektor dengan label reset switch. Mungkin konektor tersebut short (korslet) sehingga membuat PC Anda restart berulang-ulang.

      Reply
  13. yulianto

    saya baru beli pc rakitan mas setelah saya coba di rumah.. gejalanya sama diatas yang saya tanyakan komponen di dalam pc tersebut.. baru semua mas.. apa bisa ada komponen baru yang rsk ya mas.. apa salah pasang kabel bisa juga g maa thx

    Reply
    • Tito

      Kemungkinan rusak kecil kalau barang baru (rusak jika memang defect pabrik). Kalau itu PC rakitan, kemungkinan ada komponen yang menjadi kendur saat membawa PC, sehingga membuat tidak bisa bekerja.

      Untuk salah pasang, coba cek kabel VGA (kabel dari monitor ke PC) apakah dipasang di VGA yang sesuai dengan Bapak beli? Mungkin kabel tersebut dipasang di VGA internal bukan expansion (posisi biasanya di bawah).

      Reply
      • fatchul

        dear bang tito

        mohon pencerahannya ya..

        semalaman saya menggunakan komputer dari sore sampai pagi, kemudian saya berangkat kerja, namun pas sore harinya saya menyalahkan kembali komputer (cpu) namun monitor tidak mau ngangkat saya cek semua komponen yang ada pada cpu aktif semua, seperti kipas, saya kira bermasalah dengan ram, saya lepaskan ram, dan saya dengarkan suara beep aktif, berarti ram waktu itu tidak bermasalah kemudian saya pasang kembali ramnya, dan saya nyalahkan kembali cpu dan monitor tetap tidak ngangkat, saya coba menggunakan monitor lainpun juga sama kondisinya, hal ini di karenakan apa ya bang, masa saya harus menggati motherbordnya, pasti mahal…

        CPU yang saya gunakan ASUS P5KPL dan tanpa VGA

        Mohon pencerahannya ya bang, Terima kasih

        Reply
        • Tito

          Dear Fatchul,

          Kalau masih ada bunyi beep, berarti motherboard tidak bermasalah. Kemungkinan masalah ada pada Power Supply, sudah dicoba mengganti dengan Power Supply lainnya?

          Reply
    • Tito

      Akan saya coba update atau post dengan gambar dan penjelasan mengenai masing-masing part PC. Untuk sementara coba search di google ya dengan kata kunci “Pengenalan Part Komputer”.
      Thanks.

      Reply
    • Tito

      Kalau kita buka casing komputer dan melihat motherboard, akan ada kabel-kabel kecil dari casing yang dipasang ke motherboard. Dua dari banyak kabel tersebut adalah kabel untuk speaker motherboard. Pastikan kabel itu terpasang (tidak dalam keadaan lepas) agar kita dapat mengetahui indikator error pada motherboard.

      Reply
      • farid

        ehmm…
        maaf nanya lagi gan ehehe newbie,
        speker conektornya dah ketemu, ada 4 pin, pin1=+5v, pin2=GND, pin3=GND pin4=speaker out,
        yg dicolokin cman 2 kabel GND(pin2 dan 3) y gan?

        Reply
          • farid

            jadi harus punya speaker matherboard y gan kayak gambar diatas, cman beli dmn y gan, kok cari” di internet kagak ada yang jual, yang jual cuman situs” asing?,
            wokeeh thnx gan

        • Tito

          Tidak perlu beli di situs asing, di toko komputer di mall atau di glodok / mangga dua juga gampang dapetnya.

          Reply
          • Tito

            Saya pernah punya pengalaman dengan PC Analyzer, tapi menurut saya kurang efektif dalam mendeteksi komponen mana yang rusak. Kadang saya harus memakai cara yang saya paparkan ini untuk memastikan komponen mana yang rusak. Tapi saya akan coba membahas mengenai hal itu.
            Thanks atas masukannya.

  14. ainxcol

    Setuju sm agan yg nulis d atas. Berbagi pengalaman aj gan, ogut jg prnh ngalamin kasus pas nyalain g ada bunyi POST (bip) layar monitor jg blank, tp fan cpu+blower semua muter, led power jg nyala, hdd d raba muter, dvd rom jg ada powernya. Solusinya ogut cm cabut memory modul trs teyus cb nyalain tuh kompi, baru dah kdengran ada bunyi bip panjang tandanya memory ga bnr. ogut gosok tuh kaki-kakinya (yg warna emas) pk penghapus, gosoknya searah, ogut pasang lagi tuh memory trs nyalain, lancaar. Yg pst kl kasus ky gitu ada salah satu atw lbh komponen yg rusak.

    Reply
  15. tedy

    maksudnya kabel power yg dilepas itu gmna? kabel power suply di motherboard apa yg colakan langsung ke listrik?

    Reply

Trackbacks/Pingbacks

  1.  Memory PC tidak Terdeteksi? | Tito Pandu's Blog

Leave a Reply

  • (will not be published)